Cara buat stiker itu gampang

cara buat stiker

Stiker saat ini memang banyak sekali macamnya, dari stiker mobil, stiker motor, stiker untuk tembok (wallpaper), sampai stiker kecil-kecil dengan gambar yang lucu-lucu mudah ditemukan dimana saja. Tetapi memang tidak sedikit juga icon atau gambar yang kita inginkan tidak diproduksi. Hal ini dimungkinkan karena pembuat stiker akan mengacu pada kaum mayoritas, mengikuti trend yang sedang berlaku. Contohnya saat booming tokoh kartun tazmania devil banyak sekali stiker-stiker yang menjual sosok kartun ini, tapi tidak semua orang mnyukai sosok kartun yang satu ini kan? Ketidakmenyeluruhan dalam produksi membuat kita gregetan sendiri. Tidak ada yang bisa dipersalahkan karena selera setiap orang memang berbeda-beda dan tidak dapat disetarakan maupun di-jugje selera mana yang lebih baik. Oleh karena itu, bagi kalian penyuka hal yang beda, kaum minoritas yang tidak menyukai mainstream, tidak perlu repot memikirkan dimana kalian bisa mencari atau membeli stiker tokoh favorit anda karena anda tinggal membuat stiker sendiri.

Cara buat stiker sebenarnya sangat mudah kalian hanya harus menyiapkan computer dan printer yang biasa kalian gunakan untuk print tugas-tugas kalian, kertas stiker yang mudah ditemukan di pasar-pasar, kertas laminasi (transparan) untuk melindungi gambar yang akan dijadikan stiker, penggaris, gunting, dan cutter. setelah semua bahan tersedia ikuti cara buat stiker berikut ini ya:

  1. Pilih gambar yang yang kalian inginkan. Bisa gambar band favorit, quotes yang bagus, atau tokoh kartun yang tidak biasa dijadikan stiker. Gambar bisa dari internet maupun hasil kalian sendiri. Selain itu, nama kalian yang di buat di computer dengan jenis huruf dan warna tertentu juga bisa dijadikan stiker loh.
  2. Jika gambar kalian adalah hasil gambar sendiri maka kalian perlu melakukan scanning agar gambar dapat terbaca di computer. Setelah gambar sudah dipilih lakukan editing sedikit (bisa dari segi cahaya, warna, atau tekstur gambar) agar gambar memiliki kualitas yang baik. Editing bisa dilakukan di software apapun yang kalian kuasai.
  3. Printlah gambar kalian di atas kertas stiker yang tadi telah disiapkan. Pastikan tinta pada printer kalian bagus agar menghasilkan warna pada kertas juga bagus. Setelah itu tunggu hingga tinta kering karena kertas stiker itu licin sebaikanya kalian tidak menyentuh bagian tinta yang sudah tercetak agar tinta tidak tersebar.
  4. Tempekan kertas laminasi di atas kertas stiker yang sudah kering tintanya. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan agar tidak ada gelembung udara yang tertahan. Geser dengan penggaris dapat membatu kalian untuk menempelkan kertas laminasi ini.
  5. Setelah menempel dengan rapih, gosok semua permukaan dengan kain halus secara perlahan. Maka jadilah stiker buatan kalian sendiri.

Stiker yang telah dibuat bisa digunting sesuai dengan bentuk gambar yang dibuat. Mudah bukan cara buat stiker di rumah?

Oh iya, untuk hasil yang lebih baik bahan stiker yang bisa digunakan yaitu bahan chromo dan tinta yang digunakan tinta anti uv. Sedangkan untuk bahan stiker seperti vynil transparan tidak dapat menggunakan printer rumah biasa. Selamat mencoba buat stiker sendiri ya! ikuti semua cara buat stiker di atas untuk hasil yang dijamin bagus. Dengan membuat sendiri maka kalian akan punya stiker yang memang sedikit atau bahkan tidak dijual di pasaran umum. Selain itu cara buat stiker ini sudah dicoba oleh banyak orang jadi, kalian juga pasti berhasil jika mencobanya di rumah.

Facebook Comments Box